Lima Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah Anda
Lima Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah Anda
  • Anekaweb
  • Selasa, 12 Januari 2016, 22:20:15
  • 271 view

Mengerjakan setumpuk kerjaan yang berkejaran dengan deadline, tentu membuat Anda tertekan secara psikologis di kantor. Belum lagi, ide yang terkadang buntu, dapat menghambat penyelesaiannya.

Seolah waktu 24 jam dirasa tidak cukup menyelesaikan setumpuk kerjaan, tidak sedikit dari pekerja yang terbilang workaholic membawa kerjaan mereka untuk diselesaikan di rumah. Sayangnya, kondisi rumah yang tidak kondusif justru memperparah proses penyelesaian kerjaan Anda.

Bagaimana tidak kondusif, tidak sedikit yang bekerja di ruang makan, ruang keluarga, taman, atau gazebo taman, di mana kesemua ruangan tersebut sering digunakan kegiatan anggota keluarga lain dalam keseharian. Tentu ini sangat mempengaruhi konsentrasi Anda.

Belum lagi, harus mengorbankan ranjang tidur sebagai meja kerja, tentu ini akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Walaupun atas dasar keterbatasan ruangan, sebaiknya Anda mulai mencari inspirasi untuk memanfaatkan sisi ruang sempit di rumah Anda untuk dijadikan ruang kerja.

Dilansir dari www.rumah.com  seperti ditulis Selasa (12/1/2016) dibahas mengenai lima desain ruang kerja minimalis di rumah yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

1. Ruang kerja di bawah tangga

Bagi Anda pemilik rumah dengan desain dua lantai, terkadang bingung bagaimana memanfaatkan sisi sempit di bawah tangga. Biasanya sisi ini digunakan untuk lemari gudang kecil penyimpan barang-barang tidak terpakai. Sekarang sisi ini bisa menjadi ruang kerja Anda.

Ruang sempit itu bisa menjadi ruang kerja yang menarik dengan syarat ukuran meja dan beberapa furnitur tidur terisi penuh mengisi seluruh ruangan. Misalnya, pemilihan meja usahakan hanya berukuran setengah dari luas lebar ruangan.

Selanjutnya pemilihan furnitur seperti lemari penyimpan berkas atau buku dapat berdampingan tertata rapih. Hal ini memudahkan Anda untuk menyimpan berbagai berkas, yang tidak bisa disimpan di atas meja.

Agar semakin indah dan memberikan kesan inspiratif, dinding kosong dihiasi dengan beberapa figura foto yang membuat Anda tersenyum atau mengenang hal-hal lucu. Mengapa? Hal itu bertujuan sebagai selingan yang menghibur ketika Anda harus bergelut dengan setumpuk kerjaan.

Unsur ini begitu penting, sebab apabila Anda bekerja berhadapan langsung dengan dinding akan membuat Anda kian stress.

2. Ruang kerja dengan desain banyak rak dokumen

Desain ruang kerja dengan banyak rak dokumen di sekitar meja

Ruang sempit memiliki rahasia tersendiri dalam rumah. Bahkan tanpa kita sadar banyak manfaat yang bisa diciptakan. Buktinya walau berukuran kecil, desain satu ini bisa menjadi solusi perapihan dokumen yang acap kali tidak teratur sehingga sangat menyulitkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bayangkan jika dokumen tercecer tidak beraturan, Anda bisa menghabiskan waktu lebih lama dari menyelesaikan pekerjaan Anda sendiri. Bahkan akan menimbulkan kerjaan baru. Sungguh tidak effisien.

Solusi untuk permasalahan tersebut adalah pilih desain meja dan rak menjadi satu kesatuan. Ini sangat menguntungkan dalam hal perapihan, bahkan Anda bisa dengan leluasa menandakan lokasi berdasarkan tanggal penyelesaian dan kategori pekerjaan. Semakin banyak pilihan rak, semakin leluasa juga Anda dalam merapihkan dokumen Anda.

3. Ruang kerja di tangga darurat

Tangga darurat bisa mengantarkan menuju ruang kerja di rumah

Sebagian rumah biasanya memiliki jalur tersembunyi apabila tiba-tiba mengalami situasi darurat seperti kebakaran, adanya perampok, atau bahkan Anda terkunci di dalam rumah. Ruangannya tidak luas, dan berada sedikit lebih tinggi. Bentuk ruangan seperti ini ternyata bisa Anda gunakan sebagai ruang kerja minimalis di rumah.

Anda tidak perlu takut karena berada agak tinggi, sebab ada anak tangga yang bisa Anda Atur kemiringannya. Selain itu, agar ruang kerja Anda terlihat cantik dan nyaman, pilihalah model rak yang penuh menutupi dinding yang menghadap ke arah Anda. Pilihan meja kerja juga sebaiknya memiliki panjang yang sesuai dengan lebar ruangan.

Kelebihan lain dari desain seperti ini adalah, Anda dapat mudah berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan tanpa khawatir diusik dan juga bisa mendapatkan udara segar karena berdekatan dengan jendela darurat. Namun perlu berhati-hati karena bisa saja kucing atau burung menghampiri Anda pada saat Anda membuka jendela.

4. Ruang kerja yang tersembunyi

Desain ruang kerja yang menyatu dengan lemari buku dan pakaian, seakan tersembunyi.

Ruang kerja satu ini sangat tepat bagi Anda yang tinggal di Apartemen. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa diterapkan pada sebuah rumah. Meski sempit, senang rasanya bisa digunakan banyak hal. Ruang kerja, lemari, rak buku, dan furnitur hiasan bisa dijadikan satu.

Bentuknya memang seperti lemari atau bufet di ruang tamu. Jika Anda membuka bagian bawah, seperti sulap, berubah menjadi bangku panjang seperti di sekolah. Selain memiliki rak dokumen yang banyak, penggunaan ruang kerja ini mudah dipindahkan ke manapun Anda inginkan.

5. Ruang kerja lorong sempit


Desain ruang kerja dengan memanfaat sisi jalan menuju kamar tidur

Apakah Anda memiliki lorong jalan kecil menuju kamar tidur? Jika iya, desain ruang kerja kali ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam pemanfaatan sisi sempit pada rumah. Caranya memanfaatkan ruangan dengan cara mengikuti setiap sisi pada lorong tersebut.

Apabila berbentuk leter-L Anda bisa memasang meja panjang dengan leter-L juga yang dilengkapi dengan laci berukuran sedang.

Ukuran sedang pada laci ini bertujuan agar tidak memberikan kesan ‘sesak’. Meja yang panjang juga bertujuan untuk menyimpan beberapa dokumen atau sejumlah alat tulis sebagai penunjang.

Apabila terdapat jendela pada salah satu sisi ruangan, sebaiknya jendela tersebut Anda jadikan sebagai insight menarik yang bernuansa alam, sehingga memberikan efek tenang. (Kantri /Ahm)



Comments Facebook